Rabu, 14 Maret 2012

Error Joomla : Artikel Tidak Muncul

Beberapa hari yang lalu, teman saya melakukan upgrade server yang OS-nya Linux Ubuntu. Upgradenya berjalan lancar, hanya saja setelah upgrade, website joomla yang ada di server tersebut bermasalah, awalnya masalah yang muncul, saya sama sekali tidak bisa login admin. Setelah menelusuri database *_user (bintang menunjukkan awalan database, jika pakai standar biasanya "joss_"), ternyata data user semuanya masih ada, jadi saya coba mengganti passwordnya, tetap tidak memberi efek apa-apa.

Karena bingung, akhirnya googling ke mana-mana, barulah menemukan permasalahannya. Ternyata table user berkaitan erat dengan table yang ada "acl_aro"-nya. Dan saat saya meninjau table-table tersebut, ada salah satu table yang mengalami error dan tidak bisa direpair. Akhirnya, database di drop, kemudian dinaikkan kembali, dan hasilnya saya bisa login admin lagi.

Tapi ternyata masalah tidak berhenti di situ, setelah saya periksa, semua artikel tidak bisa di tampilkan, padahal di database lengkap. Saya periksa SEF-nya sudah sesuai konfigurasinya, memeriksa plugin juga sudah, tapi semuanya enable, bingung deh.

Untung saya menemukan situs yang membahas masalah yang sama di sini (terima kasih yang tak terhingga bagi penulisnya). Ternyata, joomla yang saya gunakan tidak compatible dengan php yang baru saja ikut diupgrade. Solusinya dengan mengganti isi file "Function.php" yang terletak di "includes/Cache/Lite/Function.php". Yang diganti adalah (atau tepatnya ditambahkan) :
$arguments = func_get_args();
menjadi :
$arguments = func_get_args();
$numargs = func_num_args();
for($i=1; $i < $numargs; $i++){
$arguments[$i] = &$arguments[$i];
}
Setelah itu, website saya kembali normal. ^__^
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar