Jumat, 25 Desember 2009

Konfigurasi Dasar Adempiere

Ini untuk pertama kalinya saya menulis dengan serius, karenanya mohon maaf ya kalau ada salah, he he he. Saya bahas masalah Adempiere karena lagi belajar tentang adempiere, jadi yang saya bahas baru sebatas yang saya pelajari ya :D.

Adempiere adalah software ERP, yang dibuat oleh orang-orang cerdas yang juga orang-orang yang pernah terlibat dalam software ERP keren yang bernama SAP (kata teman-temanku yang mengajariku lho). Karena SAP harganya sangat mahal, mereka jadinya ingin membuat software ERP yang murah malah gratis, jadi dibuatlah Adempiere ini, so say thank's for them (nama-namanya juga saya ga tau sih). Kisahnya kurang lengkap ya, tapi cukuplah untuk pembuka :).

Topik yang saya akan bahas pertama (cieeee) adalah tentang Konfigurasi Adempiere. Kalau ada yang salah, kritik saja ya langsung, soalnya saya masih lumayan kacau juga nih, konfigurasinya diajar sama teman, sambil nyatat latihan juga, jadi mungkin ada yang terlewatkan.

Ok, sy mulai aja.
Yang disiapkan : standar COA (dari XL dengan standard templet)
Client ---> struktur organisasi yang tertinggi (root tertinggi)

1. Set client contoh :
  •            Client = ABC corporation ---> induk ---> root
  •            Org   = ABC Taxi
  •            User/contest client = ABC Taxi  Admin
  •            User/content orga = ABC Taxi User
  •            COA = langsung diambil dari excel
2. Masuk dengan user yang dibuat
3. Membuat Bisnis Partner
  • Bisnis partner bisnis partner role = isi data bisnis partner
  • Yang price list ada juga master datanya (mis untuk wil A, untuk wil B) 
  • (Untuk menyimpan semua data-data untuk vendor)

 4. Masuk ke master data (material dan bisnis partner)

     Yang perlu diperhatikan pada bagian ini :
  • Partner relation (untuk bisnis partner), dibagi sesuai kebutuhan (vendor, dll) 
  • Business partnergroup : pembagian costumer or vendor
  • Payment terms : pengaturan jangka pembayaran dan kompensasinya (diskon, dll)
  • Greetings : jenis perusahaan (PT, CV, dll)
  • Invoice schedule : untuk mengatur invoice (mingguan, dll)
  • Duming letter : surat peringatan
5. Masuk ke master data material

    -- Warehouse dan lokator (ada banyak gudang untuk di mantain/grouping)
    -- Warehouse organization untuk assign gudang-gudang keperusahaan bersangkuta
    -- UOM (Unit Of Measure)  untuk mengatur pengaturan (ton, dll)
    -- Product cakgory  untuk kategori produk, misalnya finish goods, sparepart, dll
    -- Product :

             - Untuk menginput nama-nama product
             - Bagian tax category untuk menentukan pajaknya kategori apa.
             - Product type : item (satuan-satua)
                                     Expansipe type (untuk barang yang dipake sendiri)
                                     Resource (untuk daur ulang barang)
                                     Service (untuk jasa service)
              - Masuk ke tab purchasing untuk melihat data pembelian (mis dibeli dari mana)
              - Masuk price untuk mengisi data harga
              - List price : harga yang akan diberlakukan
              - Standard : harga standard
              - Limit : harga terendah


6. Performance Analysis (untuk masalah-masalah accounting)

    --- Calender year : untuk mengatur periode accounting termasuk open dan closing periode
    --- Account elemet
    --- Charge : untuk menambahkan misalnya beban ke account tertentu

7. Requisition To Invoice

    --- Masuk ke purchase order

         -- Yang penting : company agent (orang yang memesan barang tersebut)

         -- Isi semua data, Setelah semua data penting terisi, tekan complete

         -- Jika pada kenyataannya, dianggap gagal, bisa diubah status complete jadi void

         -- Untuk melihat listnya, klik tanda form, untuk kembali tekan ulang.

   --- Masuk dimaterial receipt

        -- Untuk data peneriaam material

        -- Hutang diakuai jika sudah ada invoice

  --- Membuat invoice

  --- Membayar

       -- Payment (melalui bank) ---> Bisa bertahap

       -- Cashjurnal (pembayaran lunas) langsung masuk ke kas


Setelah semua OKE, tinggal jalankan server :
--- Jalankan server (c:adempiere/utils/runserver2.dat).

--- User : SuperUser

--- Pass : System (Standar)



Sumber : K Yudi, Indra n Bair yang mengajariku, Thanx :)


5 komentar:

  1. mantabh, tapi masih secara umum ya?
    tanya nie mba untuk yang bagian kas, sudah pernah implementasi?

    BalasHapus
  2. Sudah implementasi keseluruhan selain HR. Cuma di bagi per tim. Bagian kasnya untuk costumizing atau untuk isinya saja?

    BalasHapus
  3. wkwkwkwkw .. jangan bawa2 namaku ... trus untuk koreksi ... adempiere itu forking dari compiere fit... karena compiere mengarah ke matre ( alias udah mulai mata duitan ) jadi yang merasa masih berjiwa open source bikin satu lagi namanya adempiere ...

    BalasHapus
  4. Btw mbak kerja dimana sekarang?dan dulu implementasi adempiere dimana?
    karena saat ini lagi mau pakai nih.

    BalasHapus