Selasa, 18 Oktober 2011

Tutorial aDempiere : Penjumlahan Dua Kolom Pada iReport

Beberapa hari lalu disibukkan dengan operasi penjumlahan dan pengurangan beberapa kolom di iReport, saya mencoba berkali kali dengan cara klasik tapi ternyata saat salah satu kolomnya kosong, maka kolom hasil penjumlahan pun isinya kosong. Sudah bolak balik mencari tutorial, tidak menemukan yang kumaksudkan (cara mencari saya sepertinya salah). Nah, kalau sudah buntu seperti itu, berarti saatnya bertanya ke mesin google berjalan, ha ha ha. Lalu saya dapat deh jawabannya. Berikut langkah-langkahnya ya :

  1. Pada contoh ini, saya ingin menjumlahkan field grandtotal pada table c_invoice, dengan payamt pada table c_payment. Tipe data keduanya adalah numeric.
  2. Selanjutnya buatlah varible penampung yang mewakili field di atas, misalkan variable A untuk field grandtotal. Untuk menghindari keksosongan, pada variable expression, tambahkan code berikut : "($F{grandtotal} != null ? $F{grandtotal} : new BigDecimal("0.00"))", tanpa tanda kutip.
  3. Beri perlakuan yang sama untuk field payamt, misalkan variable B. Untuk menghindari keksosongan, pada variable expression, tambahkan code berikut : "($F{payamt} != null ? $F{payamt} : new BigDecimal("0.00"))", tanpa tanda kutip.
  4. Untuk menampung hasil penjumlahan atau pengurangan, buatka variable baru, anggap saja namanya C. Kemudian pada variable expressionnya tambahkan "$V{A}.add($V{B})" untuk penjumlahan (tanpa tanda kutip) atau "$V{A}.subtract($V{B})" untuk pengurangan (tanpa tanda kutip).
  5. Ingat tipe data untuk semua variable diatas pada iReport pilih "java.math.BigDecimal."
Selamat mencoba ^__^

3 komentar:

  1. hmmm maaf mbak mau nanya.. sy lgi bikin tugas pakai ireport dan juga menggunkan penjumlahan data pada ireportnya.. tapi ketika say coba cara yang seperti mbak bilang.. kok tetap g bisa y???

    BalasHapus
  2. Maaf baru lihat, bisa uraikan apa pesan errornya?

    BalasHapus
  3. apakah saya bisa bertanya soal penjumlahan 2 field ini?
    karena masih agak bingung,
    saya ingin membuat BUKU KAS, nah bingungnya saya hanya bisa membuat sampai menampilkan pemasukan dan pengeluaran, lalu pada summary bisa menampilkan total dari pengeluaran dan pemasukan, masalahnya adalah untuk saldonya saya bingung.

    BalasHapus