Sabtu, 02 Januari 2010

Membuat Website Dengan Joomla

Membuat Website dengan Joomla menerutku gampang-gampang susah, tapi dengan uraian di bawah ini, insyaAllah jadi gampang dikit, soalnya saya juga baru belajar sih jadi masih tau yang standar, he he he. Uraian Mr Bayu lumayan memudahkanku. Jadi silahkan baca, jangan lupa kalau mau mencoba install dulu software pendukungnya, saya pakenya Wamp dan Joomla 1.5, banyak koq di internet, googling aja  :)

Joomla terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama adalah untuk pengunjung. Dimana semua orang dapat melihat konten yang disediakan. Sedangkan bagian yang lain adalah bagian adminstrator. Dimana di bagian ini tidak semua orang bisa masuk. Bagian administrator adalah bagaian dimana semua content, tampilan, dan semua yang ditampilkan pada halaman user, diatur. Untuk masuk ke halaman administrator dapat dilakukan dengan membuka webbrowser baru kemudian membuka URL sebagai berikut : http://localhost/websmu/administrator atau dengan menggunakan link yang ada pada halaman depan.



Isikan username dengan admin dan password sesuai dengan password administrator pada proses installasi kemudian klik Login akan tampil halaman seperti di bawah ini :


Halaman di atas adalah halaman depan untuk administrator. Dari sinilah administrator dapat melakukan administrasi website.

3. Management Content

Content di joomla dikelompokkan menjadi beberapa kelompok section dan category. Dimana dalam sebuah section terdiri dari beberapa category dan content haruslah diikutkan dalam salah satu kategory. Berikut ini adalah ilustrasi yang menggambarkan hirarki section, kategory dan content items.


Membuat Sections

Untuk membuat section baru dapat dilakukan melalui menu Content > Section Manager


Halaman di atas adalah section manager dimana section dapat diatur. Baik itu penambahan baru, penghapusan section, edit, delete, publish ataupun unpublish. Untuk membuat section baru, klik icon New. Akan tampil halaman seperti di bawah ini :


Isikan Title dengan nama section.misal : Prodi. Isikan alias sama dengan title atau dikosongkan saja. Pastikan Published pada posisi Yes. Kemudian Access Level pilih Public. Untuk menyimpan, klik tombol Save atau untuk menyimpan dan melanjutkan pengeditan klik Apply

Membuat Category
Untuk membuat category baru, dapat dilakukan menggunakan menu Contents > Category Manager.

Klik icon New untuk membuat category baru. Akan tampil halaman seperti di bawah ini :

Isikan Title dengan nama kategori yang diinginkan. Misal : Elektronika Komunikasi. Alias dapat juga diisi sama dengan Title atau dikosongkan saja. Pastikan Published dipilih Yes. Pada bagian Sections pilih section yang baru saja dibuat. Misal : Prodi. Klik Save untuk menyimpan atau Apply untuk menyimpan dan melanjutkan pengeditan. Buatlah beberapa kategory lagi dengan cara yang sama.

Membuat Content.

Content adalah tulisan atau artikel yang menjelaskan tetang sesuatu. Baik itu berita, profil dan sebagainya. Untuk membuat content baru, dapat dilakukan melalui menu Content > Article Manager.


Untuk membuat artikel baru, klik New maka akan tampil halaman seperti di bawah ini :


Isikan Title dengan judul artikel. Alias adalah judul alternatif. Boleh diisikan sama tapi bisa juga dikosongkan. Pilih section prodi dan category yang diinginkan. Kemudian buatkan berita pada teks editor yang telah disediakan. Untuk membuat artikel ditampilkan sebagian, dan akan muncul link readmore untuk melihat selengkapnya, letakkan cursor pada teks yang akan dipisah. Kemudian klik tombol Readmore pada bagian bawah editor. Untuk menyimpan artikel, klik Save atau klik Apply untuk menyimpan dan melanjutkan penulisan artikel

4. Management Menu.
CMS memang didisain full costumizable termasuk menu. Menu – menu yang sudah ada adalah contoh – contoh menu yang disediakan ketika pertama kali Joomla! Di install. Menu – menu tersebut dapat di tambahkan, dapat ditampilkan / dihilangkan. Pada saat awal instalasi, joomla terdiri dari beberapa kelompok menu.

● Top menu

Menu bagian atas yang terletak di bagian atas halaman

● Main Menu ( Menu Utama yang adal di sebelah kiri halaman)
● Other Menu ( Menu tambahan )
● User Menu ( Menu yang hanya tampil ketika user login )
● Resource Menu ( Menu Tambahan ).
● Key Concept ( Menu Tambahan ).

Setiap kelompok menu adalah sebuah modul. Dimana sebuah modul dapat diaktifkan, dan di non aktifkan dan bahkan bisa dihapus serta bisa juga untuk ditambahkan. Untuk menambahkan kelompok menu baru, dapat dilakukan melalui menu Menus > Menu Manager.

Untuk membuat menu baru, klik New, kemudian akan tampil halaman seperti di bawah ini:


Isikan Unique Name dengan nama menu misal Program Studi.Isikan Title dengan judul menu. Title ini akan tampil di halaman sebagai judul kelompok menu. Description menjelaskan tentang menu atau keterangan singkat. Isikan sesuai dengan deskripsi menu. Module title adalah nama modul. Ingat setiap kelompok menu adalah module. Klik Save untuk menyimpan.

Mengaktifkan menu

Setelah membuat kelompok menu, menu tersebut tidak langsung akan ditampilkan di halaman. Karena statusnya masih Disable. Untuk mengubah statusnya menjadi Enable, haruslah diaktifkan terlebih dahulu melalui menu Extension > Module Manager. Maka akan tampil halaman sbb :


Untuk mengaktifkan, klik pada Item Program Studi untuk mengedit modul tersebut. Maka akan tampil halaman seperti di bawah ini :


Pilih Yes pada pilihan Enabled. Untuk membuat tampilan menu sesuai dengan menu yang sudah ada pada bagian Advanced Parameter isikan _menu pada kolom isian Module Class Suffix. Klik Save untuk menyimpan.

Menambahkan Menu Item

Setelah membuat kelompok menu, berikutnya adalah menambahkan menu item yang nantinya akan menampilkan artikel yang ada dalam salah satu kategory ataupun section. Untuk membuat menu items, dari menu Menus > Program Studi. Maka akan tampil halaman seperti di bawah ini :

Klik New untuk membuat menu Item baru. Maka akan tampil halaman seperti di bawah ini :

Menu item yang dibuat adalah menu yang akan menampilakan blog aratikel sebuah kategori. Pada pilihan Select Menu Item Type. Klik Article > Category Blog Layout. Kemudian akan tampil halaman yang akan menampilkan pilihan category.


Pilih kategori pada Kolom pilihan Category. Kemudian Isikan judul Menu pada kolom isian Title Misal : Elektronika Komunikasi. Klik Save untuk menyimpan.

5. Installasi dan Modifikasi Template

Joomla! Memungkinkan kita mengganti tampilan halaman depan website dengan mudah dan sangat cepat. Yang membuat lebih membahagiakan lagi adalah template untuk joomla!

Tersedia banyak sekali di internet dan gratis. Pada saat installasi pertama kali, Joomla! Sudah menyediakan dua buah template. Untuk menambahkan template baru, dapat di download di situs yang menyediakan template. Misalnya siteground.com, joomlahack dan seterusnya. Untuk menginstall template baru, dari menu Extensions > Install/Uninstall kemudian akan tampil halaman seperti di bawah ini :


Ada beberapa pilihan sumber installasi. Muladi dari file lokal yang sudah kita download sebelumnya ataupun yang sudah diextract di rekeltori, ataupun link dari internet. Untuk menginstall dari file lokal, klik browse, kemudian pilih file yang merupakan template joomla. Kemudian klik Upload File & Install. Jika Tampil pesan Install Template Success . Artinya prose installasi sudah berhasil. Untuk mengaktifkan template tersebut, dapat dilakukan melalui menu Extensions > Template Manager akan tampil halaman seperti di bawah ini :


Untuk memilih template yang akan digunakan, klik radio button pada nama template yang baru di install, kemudian klik icon Default. Untuk melihat hasilnya silahkan refresh halaman depan.



Sumber : Dari blog bayu (lupa lengkapnya, sori y bayu....)

6 komentar:

  1. saya mau tanya ... bagimana cara buat agar tampilan halaman depan terdiri dari beberapa judul berita yang di bagi menjadi 2 kolom

    http://www.alqoimkaltim.com/home.html

    BalasHapus
  2. Pada joomla atau pada blog? Jika pada joomla, hampir semua templatenya sudah dalam bentuk beberapa kolom, dan untuk menjadikannya beberapa berita pada halaman depan, sudah disediakan fitur read more. Cara lainnya, mengubah template pada css nya. Saya sementara buat artikelnya, makasih sudah mampir :)

    BalasHapus
  3. bagaimana cara membuat menu di atas..

    BalasHapus
  4. Kalau pada content section tidak dapat disave ataupun apply bagaimana, salahnya di mana? Saya mengisi New, Section, setelah section saya isi, saya klik save tidak mau, saya klik apply tidak mau, yang bisa hanya cancel dan help. Terimakasih

    BalasHapus
  5. Menu-menu di atas otomatis muncul jika joomla sudah terinstall.

    BalasHapus
  6. Mungkin ada yang belum diisi yang termasuk urgent, jika masih masalah, log out dulu, trus ulangi karena kadang juga ada beberapa kondisi seperti itu. Semoga bisa membantu ^^

    BalasHapus