Sabtu, 30 Januari 2010

Tutorial Blogspot 2 : Membuat dan Mengatur Artikel

Pada tutorial yang pertama, saya sudah menguraikan tentang cara membuat blog pada blogspot. Jika belum membacanya, bisa anda lihat di sini atau jika anda ingin versi cetak dapat di download di sini.

Setelah membuat blog, saatnya anda untuk mengisi blog dengan artikel artikel yang anda inginkan. Caranya tentu saja anda harus login terlebih dahulu pada blog anda, kemudian pada dashboard anda, pilihlah ENTRI BARU.

Saya uraikan detail ya, he he he. Jika sudah pilih entri baru, akan beralih kehalaman entri baru seperti di bawah ini :

Pada bagian Judul, isilah dengan judul artikel yang anda ingin buat. Pada bagian tautan, bisa diisi, bisa dikosongkan. Jika diisi, isilah dengan alamat url untuk artikel yang bersangkutan. Alamat url yang saya maksudkan itu termasuk alamat blog. Jadi misalnya url untuk artikel A alamat urlnya : http://fitri-belajarberbagi.blogspot.com/A. fitri-belajarberbagi.blogspot.com adalah alamat Blog nya, dan A merepresentasikan link khusus untuk judul artikel A.

Setelah judul dan url nya beres, anda bisa menulis artikel di tempat yang telah disediakan. Pada bagian sudut kanan bawah ada post options untuk mengatur izin komentar pada artikel yang bersangkutan, taut balik, hingga waktu penerbitan artikel. Jadi meskipun anda menulis artikel hari ini, anda bisa mengaturnya agar diterbitkan besok atau lusa ataupun sebelumnya. Setelah lengkap,  langsung saja pilih TERBITKAN ENTRI. Mudah kan? :) Untuk Setting pengaturan artikel pada halaman depan akan saya bahas berikutnya. Jangan lupa saran dan kritiknya pada halaman komentar ya, he he he

Tidak ada komentar:

Posting Komentar